Selasa, 04 Desember 2012

Life of PI 3D - 2012 *spoiler alert



Sutradara:
Ang Lee 

Sinopsis:
Seorang penulis mewawancarai Piscine Molitor Pattel (Pi) , mengenai kisah menakjubkannya yang berhasil selamat setelah terombang ambing dilautan lepas selama berhari hari, saat kapal besar yang membawa ia, orang tua serta kakaknya dan penumpang lainnya, tenggelam akibat badai dilautan Pasific.


Pi dewasa memulai kisah perjalanan hidupnya dimasa kecil, dengan kisah hidup yang riang dan penuh kelucuan, dimana saat itu, Pi patel muda selalu diolok olok dikarenakan namanya yang jika salah diucapkan akan bearti: Pipis, dan awal mulai dimana Pi mulai tertarik akan pencarian akan makna hakiki dari pencipta alam semesta ini, yaitu Tuhan. Proses pencarian Pi muda terhadapNya, membuat ia memutuskan untuk memeluk 3 agama sekaligus, yaitu Hindu, Kristen maupun Islam

Memasuki usia dewasa, bisnis sang Ayah yaitu mengelola Kebun Binatang, pada akhirnya tidak berjalan sesuai dengan apa yang ia harapkan, salah satunya karena tidak ada support yang bearti dari Pemerintah setempat dalam pengelolaannya.


Untuk itu, sang ayah memutuskan untuk memulai hidup baru dengan jalan pindah keluar Negeri, Canada untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, menjual hewan hewan "peliharan" mereka tersebut dan mengharuskannya sang Ayah untuk mengawal hewan hewan tersebut didalam kapal hingga selamat sampai di Canada.

Meski merasa berat meninggalkan India dan sempat melayangkan protes kepada sang Ayah, toh akhirnya Pi beserta keluarga pergi juga. Saat dikapal yang membawa mereka menuju Canada itulah, saat berada ditengah tengah lautan Pasific, badai menerjang kapal dan menenggelamkan semuanya, termasuk Ayah, ibu dan kakak Pi, binatang2 mereka serta para penumpang dan krue kapal lainnya.     


Pi berhasil selamat dari musibah tersebut bersama satu buah sekoci dan beberapa suply makanan yang ada dalam perahu kecil tsb. Cerita Life of PI ini pun benar benar “dimulai“ dari sini… dimana Pi remaja  selain harus bertahan untuk tetap hidup dilautan maha luas, disini jugalah ia menemukan apa yang ia cari selama ini, mengenai makna hidup, pertanyaannya akan eksistensi Tuhan dan hal hakiki lainnya yang selama ini ia cari… ditemani oleh seorang harimau buas yang biasa ia panggil, Richard Parker.

Koment:

OMG, film ini sangat indah secara visual… adegan demi adegan ditampilkan dengan indah oleh Ang Lee saat pi terdampar dilautan luas, pemandangan dari panorama lautan disetiap kondisi dan pergantian cuaca, baik pagi, siang, malam maupun senja. Kemunculan biota laut yang begitu menakjubkan etc, meski dalam konteks cerita, apa yang kita lihat dilayar, adalah sesuatu yang menyedihkan dan mengharukan saat Pi benar benar harus berjuang untuk menyelamatkan hidupnya dari kejamnya cuaca dilautan luas.
Life of PI, benar benar film yang bagus, keren, indah serta memiliki makna yang dalam.
Salah satu film terbaik tahun ini!

9/10

5 komentar:

Nugros C mengatakan...

Few films feel truly alive,& Life of Pi is one of them..
film yang bener2 bikin kita…merenung tntang iman & harapan ..
ane pikir Suraj Sharma sbg aktor yg bner2 pendatang baru jga oke, terutama selama monolognya di akhir2 tuh..

Reply to thread »

Sony Sony Sony mengatakan...

setuju dengan point yg anda sebutkan Mr Nugros :)

Nugros C mengatakan...

jadi pengen baca bukunya saya...

Sony Sony Sony mengatakan...

@ Nugros: Penyantap buku n novel jg?

well, menurut apa yg gw liat, Ang Lee ini termasuk sukses n berhasil ya klo membesut sebuah film yang berasal dari Novel Populer... film ini, dan Brokeback Mountain

Btw, Thanx dah comment bro..

Nugros C mengatakan...

bukan penggila buku sih saya,,tapi kalo emang mau baca suatu buku yah..bakal semangat bacanya ^^

yup, Sense & sensibility juga bisa dibikin dgn apik sama Ang Lee