Rabu, 31 Oktober 2012

50/50 (2011)




50/50 merupakan gambaran dari peluang hidup Adam (Joseph Gordon-Levitt) saat ia di diagnosa olah dokter, bahwa ia mengidap kanker langka yang bersarang ditulang belakangnya.

Tentu saja hal tersebut mengagetkannya, karena selama ini ia termasuk kedalam pria yang sehari-harinya menjalani pola hidup sehat. Sebagai seorang Penulis berusia 27 tahun disebuah radio local, ia rajin berolahraga, tidak minum serta perilaku positif lainnya.

Diagnosa tersebut membuat hidup Adam berubah. Demi mencegah penyakitnya tidak berkembang kearah yang lebih serius, ia melakukan proses kemoterapi dan terapi. Disana ia bertemu dengan para penderita lainnya yang rata-rata berumur lebih tua darinya dan menjadi kawan barunya, yaitu Mitch dan Alan. Dan disesi terapi, ia berkenalan dengan calon dokter yang Nampak masih kikuk dan belum berpengalaman dalam menghadapi pasien, Katherine (Anna Kendric).

Belum selesai masalah dengan penyakit yang ia derita, Rachael (Bryce Dallas Howard) sang kekasih yang selama ini tinggal serumah dengannya, ternyata selingkuh darinya, hingga Adam terpaksa mengusirnya dari rumah.

Pacar selingkuh tidak membuat Adam berlarut dalam kegalauannya, namun ketabahan dan rasa optimis Adam dalam menghadapi penyakitnya tersebut berubah ketika proses kemoterapi yang ia lakukan tidak memberikan hasil yang positif terhadap penyakit yang ia derita, ditambah dengan kematian teman barunya Mitch atas kanker prostat akut yang ia derita, membuat mental Adam drop. 
Satu-satunya jalan yang harus ia hadapi untuk menghentikan kanker yang mulai menjalar ditubuhnya tersebut, Adam harus melakukan operasi, dengan peluang keberhasilan 50/50.

Dengan support dari sahabat baiknya yang setia menenaminya kemana saja, Kyle (Seth Rogen) dan orang tuanya, terutama sang Ibu (Angelica Hauston), serta Katherine, Adam mencoba menghadapi meja operasi dengan lebih kuat dan optimis, apapun hasil akhirnya nanti, apakah ia terbebas dari penyakitnya untuk selama –lamanya atau dengan kemungkinan terburuk, operasi tsb gagal dan Adam tewas..

Koment:
50/50 merupakan film drama komedi yang diinspirasi dari kejadian nyata. Film yang indah, menyenangkan, dengan beberapa karakter loveable didalamnya. Meski tema film ini suram, namun film ini tidak terjebak dalam ke-gloomy-an, Film ini lebih menggambarkan sisi optimisme, keceriaan serta kehangatan dari karakter Adam yang tengah berjuang melawan kanker dengan dukungan dari orang-orang terdekatnya, meski film berubah menjadi mengharukan diseparuh akhir film saat Adam harus menjalani proses pembedahan.

Film ini meraih beberapa penghargaan dan nominasi dibeberapa ajang Awards.  Akting Joseph Gordon-Levitt membuahkan nominasi Golden Globe baginya untuk kategori Best Actor in Comedy n Musical.  Chemistry Adam dengan Khaterine berjalan dengan asik, Bromance Adam dengan Kyle yang lucu serta hubungan Adam dengan Ibunya yang merupakan momen rekonsiliasi bagi hubungan keduanya yang tidak bagus dimasa lalu, berhasil dihadirkan dengan indah oleh Jonathan Levine, sutradara film ini

8.5/10

Tidak ada komentar: